Tentang Kredit Mobil Datsun

Berawal dari tahun 1911, ketika Insinyur Jepang Masujiro Hashimoto berhasil mendirikan Perusahaan Kwaishinsha Motor Works yang bergerak dalam bidang perakitan mobil di distrik Azabu-Hiroo Tokyo. Perusahaan ini terus melakukan banyak percobaan dan penelitian untuk mampu menghadirkan produk rakitan mobil yang berkualitas. Sampai pada akhirnya di tahun 1914 Kwaishinsha Motor Works berhasil meluncurkan sebuah mobil yang disesuaikan dengan jalan di Jepang dengan nama “DAT Car”. Dengan menggunakan nama “DAT Car” yang berarti “Secepat kilat” mobil ini memenangkan hadiah perunggu di Pameran Taisho di Tokyo. “DAT Car” sebenarnya berasal dari nama tiga investor utamanya Kenjiro Den, Rokuro Aoyama, dan Meitaro Takeuchi, tetapi kini malah menjadi panduan perusahaan: Durable yang berarti Tangguh, Attractive yang berarti Menarik dan Trustworthy yang berarti Terpercaya. Produk ini sangat dicintai masyarakat di abad 20.

Selang lima tahun kemudian, tepatnya tahun 1919 di Osaka berdirilah Perusahaan Manufaktur Kendaraan Praktis, Jitsuyo Jidosha Seizo Kaisha oleh insinyur Amerika William Gorham yang merancang kendaraan roda tiga. Inilah tokoh terpenting untuk masa depan Nissan Motor. Perusahaan ini mengalami perkembangan yang menarik, sampai pada akhirnya di tahun 1926, Kwaishinsha Motor Works memutuskan untuk bekerja sama dengan Jitsuyo Jidosha. Impasnya nama perusahaan berganti menjadi “DAT Jidosha Seizo” serta melakukan proyek pengecoran mesin empat silinder perdananya.

Tak hanya berafiliasi dengan Jidosha Seizo saja, tahun 1931 DAT Jidosha Seizo juga berafiliasai dengan Tobata Foundry Co dengan visi mobilitas untuk semua. Akhirnya sang pemilik Tobata Foundry Co. Mendesain sebuah mobil baru yang ekonomis. Di buat dengan pendekatan lokal dengan tujuan produksi massal, mobil dengan nama “DAT-Son” yang kemudian di kenal sebagai 'Datsun' ini diluncurkan untuk pertama kali kepada publik pada tahun 1932.

Kemampuan Nissan Motor Co., Ltd menjual produknya di berbagai belahan dunia dengan respon positif dari konsumen, menjadikan Nissan Motor Co. Membuka pabrik mobil di Yokohama pada tahun 1935 dengan ditandai peluncuran Model Datsun 14 pada hari yang sama. Perusahaan ini adalah perusahaan yang pertama kali memproduksi massal mobil. Produksi massal yang dilakukan oleh Nissan Motor Co tidak hanya mengubah Nissan, tetapi juga Jepang dan di seluruh dunia, tentang cara pandang produksi mobil. Di tahun itu pula, datsun mobil balap Datsun 210 menang di ajang balap Australian Rally tahun 1958.

Di tahun-tahun berikutnya, Datsun terus menorehkan berbagai prestasi dan merambah ke berbagai pasar internasional:

  • Pada tahun 1955, Nissan Motor Co mengeluarkan rakitan mobil terbaru dengan nama Datsun 110. Inilah mobil dengan penumpang pertama yang berhasil di produksi sejak akhir perang. Di sambut positif oleh konsumen dalam debutnya, sehingga memenangkan penghargaan Mainichi Industrial Design Award.
  • Tahun 1957, Nissan Motor Co kembali meluncurkan Datsun 1000 hasil pengembangan dari model 210. Kelebihan pada mobil terbaru ini yang paling menonjol ada pada sisi teknologi yang mengadopsi teknologi baru hasil kerjasama dengan Austin Motor Co., dari Inggris. Satu tahun kemudian Datsun 1000 berhasil di ekspor ke AS.
  • Tahun 1958. Model 210 dimasukkan oleh kepala pemasaran Yutaka Katayama untuk mengikuti Kejuaraan Rally Australia sebagai upaya membuktikan daya tahan Datsun. Hasilnya datsun memang terbaik di kelasnya dan memenangkan kejuaraan tersebut sehingga membuka pintu menjadikan Datsun legenda reli di seluruh dunia.
  • Tahun 1959, Nissan Motor Co kembali meluncurkan Datsun Bluebird 310. Datsun Bluebird 310 merupakan mobil penumpang dengan stAndar dunia, efisiensi bahan bakar dan emisi, yang kemudian membantu pasar Jepang yang dulunya dikenal senagai produsen kendaraan armada menjadi kendaraan pribadi.
  • Tahun 1961, Nissan Motor Co semakin memperluas pangsa pasarnya dengan mengoprasikan Oppama Plant di Jepang dan Nissan Mexicana S.A. de C.V.
  • Tahun 1966, Datsun Sunny B10 diluncurkan sebagai mobil produksi untuk masyarakat lokal seluruh dunia, termasuk Taiwan, Thailand, Meksiko, Afrika Selatan, dan Australia setelah 1966.
  • Di Tanah Air, produk Datsun turut mengisi pasar dengan produk sedan 120Y dan versi pick upnya 620 pada tahun 1970 an.
  • Tahun 1981, Nissan Motor Co menghapus merek Datsun setelah menjual 20 juta mobil di 190 negara di seluruh dunia dengan alasan membuat perusahaan menjadi lebih berkembang secara global. Termasuk menghapus yang beredar di Indonesia
  • Tahun 2012, tepatnya pada bulan maret Nissan Motor Co., Ltd mengumumkan kembali merek Datsun bersama dengan Nissan dan Infiniti. Dan diumumkan pula di Indonesia pada tanggal 17 September.
Saat ini KreditBijak menyediakan 2 Mobil dari 2 varian produk Mobil Datsun. diantaranya adalah: